22 Juli 2021 11:33 am

Minyak Zaitun, Obat Herbal Untuk Nyeri Haid, Disertai Penjelasan Ilmiah

Minyak Zaitun, Obat Herbal Untuk Nyeri Haid, Disertai Penjelasan Ilmiah
Nyeri haid yang berlebihan adalah salah satu pertanda bahwa gejala haid seseorang tidak normal. Salah satu terapi alami yang bisa diusahakan adalah dengan rutin mengkonsumsi Minyak Zaitun (kualitas Extra Virgin Olive Oil atau biasa disingkat EVOO) dan tentu saja mengubah pola hidup sehat.

Menjalani pola hidup yang sehat dengan bisa dilakukan dengan berjalan kaki, bersepeda, atau berenang, dan aktivitas tersebut membantu memproduksi bahan alami yang dapat memblok rasa sakit. (Proverawati dan Misaroh, 2009). [1]

Nyeri menstruasi (dismenorea) Primer adalah kondisi fisiologis yang terjadi akibat pelepasan prostaglandin karena adanya penghancuran sel-sel endometrium di rahim dan kontraksi uterus (Manuaba, 2010).

Asam arakidonat (arachidonic acid) adalah asam lemak esensial tidak jenuh, asam lemak omega-6 cair yang dalam jumlah kecil penting bagi tubuh manusia. Peran utama asam arakidonat dalam tubuh adalah merangsang peradangan (inflamasi) dan asam lemak yang satu ini berperan penting dalam produksi prostaglandin, tromboksan, dan leukotrines.
Dan asam arakidonat punya peran penting berkaitan dengan metabolisme tubuh. Namun, dalam kasus peradangan parah seperti kerusakan sendi, asam arakidonat ini diproduksi secara berlebihan, kemudian kelebihan ini dikonversi oleh jalur siklooksigenase (COX) dan lipooksigenase (LOX) menjadi zat inflamasi yang kuat seperti prostaglandin (PG). [2]

Nah, prostaglandin inilah yang berperan dalam proses terjadinya berbagai keluhan nyeri, termasuk nyeri haid, intinya prostaglandin adalah senyawa endogen hasil metabolism asam arakidonat yang dihasilkan di dalam tubuh. [3]

Obat-obatan anti-inflamasi dapat dikonsumsi untuk mencegah produksi prostaglandin sebagai penyebab nyeri dan obat-obatan tersebut bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Terapi yang efektif dalam pengobatan dismenorea primer dianjurkan untuk mengkonsumsi tiamin dan vitamin E sebagai nutrisi yang efektif serta vitamin B1 dan magnesium juga dapat mengurangi rasa nyeri yang semuanya itu terdapat di dalam kandungan minyak zaitun (Windari & Afrianti, 2015).

Demikian informasi singkat tentang proses yang terjadi ketika seseorang mengalami nyeri haid, baik yang ringan sampai nyeri haid yang berat.
Menjalankan pola hidup sehat adalah solusi yang sudah diketahui secara umum, lalu kenapa dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun untuk mengurangi sakit saat menstruasi?

Kenapa minyak zaitun?


Kapsul Minyak Zaitun Thibbuna Isi 200 Kapsul
Kapsul Minyak Zaitun Thibbuna Isi 200 Kapsul

Minyak zaitun (kualitas Extra Virgin Olive Oil) bisa membantu meringankan gejala sakit saat haid karena minyak zaitun memiliki efek anti-infalamsi (mengurangi nyeri) yang sangat kuat, karena di dalam minyak zaitun ada kandungan Oleocanthal/Oleokantal (sejenis polyphenol). Cara kerja Oleocanthal/Oleokantal ini mirip dengan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat-obatan anti-inflamasi (pereda nyeri) yang sejenis.

"Minyak zaitun dapat menghentikan nyeri, riset menunjukkan bahwa minyak zaitun mengandung satu bahan kimia, oleokantal (oleochantal), yang dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat-obatan lainnya (Orey, 2008)"

Beberapa penelitian lainnya juga telah membuktikan bahwa minyak zaitun murni berisi lebih dari 30 pembangkit tenaga bioaktif yang disebut fenol, dengan sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan.
Berbagai macam bukti menunjukkan bahwa senyawa fenolik ada dalam minyak zaitun murni dan memiliki efek anti-inflamasi yang luar biasa.
Oleocanthal/Oleokantal adalah yang paling terkenal dari sifat-sifat ini.
(Cárdeno, Sánchez-Hidalgo, Aparicio-Soto, Sánchez-Fidalgo, & Alarcón-De-La-Lastra, 2014).

Komponen oleochantal dari minyak zaitun murni, mengahambat jalur enzimatik rasa sakit mirip seperti obat NSAID. [4]
Apa itu obat NSAID? Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) atau obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, sehingga meredakan nyeri dan menurunkan demam. NSAIDs sering dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala, nyeri menstruasi, keseleo, atau nyeri sendi. [5]

Ada lagi kandungan lain yang memilik efek anti-infalamasi pada herbal zaitun yang asli:
Menurut Agrawal et al (2017) oleokantal, tyrosol, dan fenolik merupakan salah satu kandungan yang ada pada EVOO, dan oleokantal merupakan anti-oksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, bersifat anti-inflamasi.
Fenolik memiliki kemampuan perlindungan lendir pada lambung, perlindungan pada hati, anti-inflamasi dan anti-neoplasma, aktivitas anti-mikroba dan efek biokimia pada enzim dan hormon (Raj Narayana et al., 2001). [6]

Nah, jadi dengan sebab kandungan-kandungan alami inilah produk herbal seperti minyak zaitun murni kualitas Extra Virgin Olive Oil (EVOO) mampu mengurangi rasa sakit pada saat wanita sedang 'dapet', bi-idznillah.

Perhatikan jenis kualitas minyak zaitun yang dikonsumsi, karena tidak semua minyak zaitun yang beredar di pasaran dan di toko-toko herbal adalah minyak zaitun kualitas EVOO, beberapa yang beredar di pasaran ada juga Olive Oil, atau Pomace, dan ini bukanlah kualitas terbaik dari minyak zaitun karena bukan perasan pertama.

Pastikan antum membeli produk minyak zaitun dari Toko Herbal terpercaya.

Penelitian Efektivitas Minyak Zaitun terhadap Pengurangan Rasa Nyeri Menstruasi oleh Rummy Islami Zalni, Wan Anita


Kesimpulan dari penelitian adalah, minyak zaitun efektif mengurangi skala nyeri menstruasi.
Hasil penelitian membuktikan pemberian minyak zaitun kepada 30 responden dapat dilihat perbedaan sebelum diberikan minyak zaitun dengan sesudah diberikan minyak zaitun adalah responden mengalami nyeri ringan sebanyak 8 orang (8.7%), nyeri sedang 18 orang (59.9) dan nyeri berat sebanyak 4 orang (13.35) setelah responden mengkonsumsi minyak zaitun selama satu siklus menstruasi responden yang mengalami nyeri ringan mengalami penurunan di skala tidak nyeri sebanyak 3 orang (10%), responden yang sebelumnya berada di nyeri sedang menurun di skala nyeri ringan sebanyak 18 orang (60.1%), dan responden yang mengalami nyeri berat berkurang menjadi 1 orang (3.3%).
Pemberian Minyak zaitun pada siswi SDN 169 membuktikan bahwa terjadinya penurunan rasa nyeri pada saat menstruasi karena kandungan nya memiliki aktifitas seperti ibuprofen yang mampu mengurangi rasa nyeri dan aman dikonsumsi setiap hari pada semua umur sehingga disaran dapat perempuan rutin mengkonsumsi minyak zaitun untuk mengurangi nyeri menstruasi dan kesehatan tubuh lainnya karena tidak memiliki efek samping. [7]
Nah, buat antum yang khawatir akan penggunaan obat kimia secara rutin dalam waktu yang jangka panjang, sekarang tidak perlu khawatir lagi ya, karena minyak zaitun murni bisa mengurangi nyeri haid secara efektif dan sudah dibuktikan banyak orang serta didukung oleh berbagai bukti ilmiah dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di beberapa negara.
Antum bisa membeli minyak zaitun untuk diri sendiri (atau bagi para suami untuk istri-istrinya, ibunya ataupun saudari-saudarinya) di Toko-Toko Herbal, Supermarket, dan Apotik Terpercaya.

Kapsul Minyak Zaitun Thibbuna Bisa Dikonsumsi Sebagai Herbal Untuk Meredakan Nyeri Haid
Kapsul Minyak Zaitun Thibbuna Bisa Dikonsumsi Sebagai Herbal Untuk Meredakan Nyeri Haid

Toko Herbaltum menyediakan berbagai jenis dan merk minyak zaitun kualitas Extra Virgin Olive Oil (EVOO) untuk diminum dan dikonsumsi secara rutin untuk berbagai keluhan kesehatan termasuk nyeri saat menstruasi, selain itu juga bisa digunakan untuk wajah, kulit, dan rambut. Kualitas terbaik dari minyak zaitun Extra Virgin Olive Oil (EVOO) adalah yang memiliki sertifikasi organic, dan di-ekstraksi menggunakan teknologi cold-press (tannpa panas) yang menyebabkan kandungan kualitas minyak zaitun yang dihasilkan tetap terjaga karena tidak melibatkan panas yang berpotensi merusak kandungan alami dari buah zaitun.

Referensi:

[3] http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/18/jhptump-a-dyanputril-885-1-babi.pdf
[4] http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/download/v5i2-4646/1767
[6] http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=penelitianlaporan&id=333&no=1
[7] http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/download/v5i2-4646/1767


Blog Post Lainnya
dibuat denganberdu
@2021 Toko Herbaltum Inc.